Don't miss

Rabu, 23 Juli 2014

Biografi Yoo Jae Suk: Member Running Man sekaligus The National MC of South Korea


By on 10.39

Yoo Jae-suk

Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas

Ini adalah nama Korea; nama keluarga (marga) adalah Yoo.

Yoo Jae Suk
Yoo Jae-suk (Hangul: 유재석, atau dalam huruf roman / latin Yu Jae-seok, lahir pada tanggal 14 Agustus 1972), adalah seorang komedian asal Korea Selatan dan sering menjadi host dari berbagai acara komedi televisi di Korsel. Dia dijuluki "MC of the nation" (국민 MC) atau "The National MC", sebuah pemungutan suara (voting) yang dilakukan oleh para netizens di Korea Selatan memilih dirinya sebagai komedian paling populer di Korea selama lima tahun berturut-turut mulai dari tahun 2004 hingga 2008. Dia telah menjadi pembawa acara dari beberapa program televisi di Korea Selatan, termasuk program variety show terpopuler "Infinite Challenge" dan "Running Man". Yoo Jae Suk mendapat nama julukan "Grasshopper", karena dalam penampilan awal di acara tersebut ia berpakaian seperti belalang. Dia dikenal sebagai komedian yang berlidah cekatan dalam mengomentari sesuatu dan kemampuannya untuk menguasai berbagai demografi. Dia telah membuktikan dirinya sebagai salah satu komedian top Korea dan selebritis ternama. Yoo Jae Suk juga diketahui sebagai member Running Man dengan bayaran termahal diantara member lainnya.

Biografi Yoo Jae Suk

Yoo Jae-suk lahir sebagai anak sulung dari tiga bersaudara (dia memiliki dua adik perempuan) pada tanggal 14 Agustus 1972 di Seoul, Korea Selatan. Yoo Jae-suk sempat kuliah di "Seoul Institute of the Arts", tetapi ia tidak lulus dikarenakan jadwalnya yang sibuk sebagai seorang pelawak.

Awal Karier

Awal Karier Yoo Jae suk
Yoo Jae Suk saat memamerkan fotonya di awal karier.

Debut televisinya adalah di acara Komedian Festival KBS (untuk mahasiswa) pada tahun 1991, dimana dia melakukan parodi komersial dengan Choi Seung-gyung (Hangul: 최승경). Adegan  menarinya untuk sebuah cover dari lagu "Step by Step" oleh band asal Inggris "New Kids On The Block" adalah salah satu kenangan saat-saat awal kariernya. Pada tahun 2002, setelah sembilan tahun bekerja keras sebagai pelawak yang relatif tidak dikenal, dia ditunjuk sebagai host sebuah program yang disebut "Live And Enjoy Together" (Dong-guh-dong-lak), berkat rekomendasi dari sahabatnya Choi Jin-sil. Program ini langsung menjadi populer dan, sejak saat itu, Yoo mulai menjadi host dari banyak program variety show lainnya. Ia menyadari potensi untuk menjadi pembawa acara full time ketika dia berperan sebagai co-host sebuah program yang disebut "The Crash MC" (MC 대격돌 - 공포 의 쿵쿵따) bersama dengan Kang Ho-dong, Lee Hwi-jae dan Kim Han-seok.

Penghargaan Pertama

yoo jae suk penghargaan pertama
Pertama kali Jae Suk mendapat penghargaan Grand Prize adalah pada sebuah program yang disebut "Happy Together Friends". Konsep acara ini adalah untuk para selebritis TV di Korea untuk mencoba menemukan teman-teman sekolah mereka (lima dari mereka) dari sekian banyak (teman palsu) yang duduk di belakang meja. Acara ini dimaksudkan untuk membawa kembali kenangan nostalgia tentang hari seseorang di sekolah, dan acara tersebut segera menjadi sangat populer. Grand Prize pertama ini sangat mengesankan, bukan hanya karena itu adalah penghargaan level atas Yoo yang pertama, tapi karena itu berasal dari stasiun penyiaran (broadcasting channel) di mana ia melakukan debut televisinya.

Host X-Man

Yoo Jae Suk X Man
Dia kemudian membawakan acara X-Man, yang segera tumbuh menjadi salah satu acara paling populer dan paling banyak ditonton di Korea Selatan. Selama waktu itu, ia menjadi semakin populer dan banyak program yang mulai memberi julukan Yoo sebagai "MC of the Nation." Namun, setelah beberapa tahun, program ini dihentikan karena peringkat (rating) nya jatuh serta tidak adanya ide-ide baru dan inovatif. Yoo melanjutkan kariernya menjadi host berbagai acara pengganti, New X-Man, Old TV (di mana para tamu akan memerankan kembali serial TV klasik), dan Haja! Go! (Let's Do It!) untuk SBS, yang semua segera dihentikan karena rating yang sangat rendah pada hari Minggu malam. Namun, X-Man telah menemukan keberhasilan dalam sindikasi internasional sehingga acara-acara variety show Korea Selatan mulai diminati di seluruh dunia.

Kesuksesan Infinite Challenge

yoo jae suk infinite challenge
Yoo adalah salah satu bagian penting dari para pemain yang tergabung dalam program komedi terkenal dan ber-rating tinggi: "Infinite Challenge" (무한 도전), sebagai host-in-chief sejak tahun 2005 dan bersama-sama dengan Jung Hyung-don dan Noh Hong-chul, Yoo adalah member asli dari program ini. Program ini tidak populer ketika pertama kali ditayangkan dan rata-rata peringkat (rating) yang sangat rendah (hanya sekitar 5 persen). Setelah Kim Tae-ho mengambil peran sebagai PD (Program Director) baru, program ini mengalami beberapa perubahan baik dalam konsep dan pemainnya. Anggota baru ditambahkan ke cast "Infinite Challenge", seperti Park Myung-soo, Haha, dan Jeong Jun-Ha pada tahun 2006. Pada saat Season 3 ditayangkan pada tahun 2006, konsep dan format "variety & reality show program" membuat acara Infinite Challenge menjadi sangat populer , dan Infinite Challenge menjadi cikal bakal banyak program yang diikuti dengan format yang sama atau mirip. Sejak tanggal 2 Desember 2006, program ini telah menerima rating tertinggi dalam sejarah pada formasi prime-time untuk Sabtu malam.

Tantangan yang tak terbatas dipandang sebagai program yang terfavorit dan terbaik Yoo. Tidak hanya disana ia bertemu istrinya, Na Kyung-eun (나경은), selama Season 2 berlangsung, tetapi dengan meningkatnya popularitas acara dan itu berpengaruh signifikan terhadap masyarakat umum, Yoo mampu mendapatkan popularitas bahkan lebih dari acara itu sendiri. Dia akhirnya memenangkan total tiga Grand Prize (2006, 2007 dan 2009) dengan program ini. Kecintaannya kepada program Infinite Challenge tercermin selama berbicara empat-mata dengan sesama co-host, Jung Hyung-don, pada "Pause" khusus (S04E300) yang ditayangkan pada tanggal 20 Oktober 2012, ketika ia berkata "saya pikir hidup saya di televisi dan variety show akan dikaitkan dengan nasib Infinite Challenge" dan menambahkan, "Kapan lagi kita akan bisa melakukan program lain seperti ini? Tidak peduli seberapa keras Anda mencoba, itu akan menjadi tidak mungkin untuk melakukan variety show lain seperti ini."

Come To Play, Happy Together dan Family Outing

Yoo juga menjadi co-host dalam acara Come to Play (놀러와) dengan Kim Won-hee dan acara Happy Together Season 3 (해피 투게더 3) dengan Park Myung-soo, Park Mi-sun dan Shin Bong-Ming. Yoo Jae Suk menjadi host dalam acara ini untuk jangka waktu yang panjang (lebih dari 5 tahun), dan ratingnya konsisten di angka yang cukup tinggi sepanjang masa jabatannya sebagai host. Meskipun Happy Together berlanjut hingga hari ini, Come to Play dihentikan pada tahun 2012 karena rendahnya rating setelah masa panjang. Yoo mencoba yang terbaik untuk membedakan gaya nya pada saat hosting, baik berdasarkan siapa tamunya dan pada situasi mereka saat itu.

Setelah pergantian acara di stasiun televisi SBS, pada tanggal 15 Juni 2008, Yoo, bersama dengan Lee Hyori, Yoon Jong-shin, Kim Soo-ro, Lee Chun-hee, Kang Dae-sung, Park Ye-jin dan Kim Jong-kook (sejak episode 19) adalah host dan anggota keluarga dari acara Family Outing (Korea: 패밀리 가 떴다), bagian dari SBS Good Sunday lineup. Sejak itu, Family Outing telah menjadi salah satu acara top-rated di Korea, konsisten mencapai peringkat tertinggi pada waktu-slot Minggu sore hari (terutama selama kuartal pertama dan kedua tahun 2009). Namun, dengan berbagai masalah dan skandal mengenai program, dan pada akhir 2009 dan awal 2010, rumor menyebutkan bahwa Yoo Jae-Suk tidak bersedia untuk melanjutkan kontraknya dengan Family Outing. Pada saat berakhirnya kontraknya, pengunjung dan penonton Family Outing tidak sama seperti yang awal 2009 hingga Season 1 berakhir.

Jae Suk Setelah Menikah dan Berkeluarga

Pada tanggal 6 Juli 2008, Yoo Jae-suk menikah dengan penyiar MBC Na Kyung-eun (나경은) yang juga bekerja dengan dia di acara Infinite Challenge. Yoo dan istrinya menyambut anak pertama mereka, seorang putra, pada tanggal 1 Mei 2010.

Pernikahannya digelar dalam nuansa eropa dan dihadiri oleh insan perfilman, selebritis, komedian, dan termasuk pada member variety show Korea Selatan yang pernah bekerjasama dengan Jae Suk sebelumnya. Pada saat Yoo Jae Suk menikah, acara serial televisi reality-variet show Korsel yang akan melambungkan namanya ke seluruh dunia, Running Man, belum mulai diproduksi. Jae Suk tampak lebih tampan dengan balutan setelan jas hitam dengan dasi kupu-kupu, dan pasangannya Na Kyung-Eun terlihat sangat cantik dengan gaun putih khas pernikahan bangsa Eropa.

Kesuksesan Running Man

running man indonesia
Hingga pada 11 Juli 2010, ia ditunjuk menjadi host dalam sebuah variety show yang disebut Running Man bersama dengan sesama anggota Infinite Challenge, Haha (Ha Dong Hoon), dan entertainer lainnya seperti Ji Suk-jin, Kim Jong-kook, LeeSsang Gary (Kang Gary), Song Ji-hyo, Lee Kwang-Soo dan Song Joong-Ki (yang sejak itu meninggalkan acara pada episode 41 untuk fokus pada karir aktingnya). Meskipun program tidak memiliki awal yang baik dalam hal rating, acara variety show itu kemudian dikenal sebagai salah satu program yang paling populer Korea dan memiliki sejumlah bintang top yang muncul di dalam acara tersebut. Popularitas program ini tidak hanya di Korea, tetapi beranjak naik dengan popularitas besar di negara-negara lain juga seperti yang terlihat saat mereka syuting di luar negeri & tingginya permintaan fan meetings di negara-negara Asia.

Yoo Jae-Sook di Video Klip PSY-Gangnam Style

Pada tahun 2012, Yoo Jae-suk dan sesama host Infinite Challenge, Noh Hong-chul, muncul dalam video musik untuk rapper fenomenal PSY dalam hit single "Gangnam Style.". Dalam video tersebut, ia mengulangi karakter retro dengan menari disko yang dia diciptakan untuk mock-band "Dropping Snail" di West Coast Highway Music Festival Infinite Challenge khusus di mana Psy juga muncul.

psy yoo jae suk gang nam style
Yoo Jae Suk saat beraksi dalam video klip "Gangnam Style" milik PSY.

Pada 2013, Yoo Jae-suk muncul lagi dalam video musik untuk Psy, "Gentleman", bersama-sama dengan anggota cast lainnya dari Infinite Challenge yakni Ha ha (Ha Dong Hoon / Haroro).

Daftar Julukan Yoo Jae Suk

Berikut ini adalah daftar nama-nama julukan yang pernah diberikan kepada Yoo Jae Suk selama kariernya di dunia entertainment. Daftar ini mencakup 25 nama julukan yang berbeda-beda:
  1. Grasshopper (메뚜기) (Running Man)
  2. Nation's Master of Ceremony (국민 MC) (Gookmin MC)
  3. Class-President Yoo (유반장) (Infinite Challenge)
  4. The 1st-in-command (1인자) (Infinite Challenge)
  5. Yooneunim (God Yoo) (유느님) (Infinite Challenge)
  6. Detective Yoo (Infinite Challenge)
  7. Delinquent Yoo (날유) (Infinite Challenge)
  8. Low Nipples Yoo (저쪼아래)(Infinite Challenge)
  9. Dook Ma-ae (뚝마에) (unknown)
  10. Jive Yoo (unknown)
  11. Samba Yoo (unknown)
  12. Mr. Sun (해님) (Infinite Challenge)
  13. Dumb 덤 (형)(and Dumber) (Family Outing)
  14. C-Dragon (Family Outing)
  15. Yoo Bom (unknown)
  16. Hubby Yoo (유서방)
  17. Yooruce Willis (Hangul: 유르스 윌리스; spoof for Bruce Willis) (Running Man)
  18. Yoo Hyuk 유혁(Running Man)
  19. Yoomes Bond (Running Man)
  20. Seuk T.O.P (Family Outing)
  21. Yoobocop (Running Man)
  22. Rapper Yoo (Family Outing)
  23. Handsome Boy (Family Outing)
  24. Manager Yoo (유부장) (Infinite Challenge)
  25. Cicada-nem (매미넴) ; (spoof for Eminem) (Running Man)

Dikutip dari berbagai sumber.

About Indorunner

Kami adalah sekumpulan penggemar berat comedy variety-reality show Running Man yang diproduksi oleh stasiun televisi SBS-Korea Selatan yang membuat FanBlog ini untuk mempermudah kita saling berbagi informasi.

1 komentar:

  1. BONUS REFERRAL ZEUSBOLA

    Dapatkan passive income seumur hidup dengan memanfaatkan promo referral dari ZEUSBOLA.
    Bonus referral mencapai hingga 5% untuk semua permainan, dengan cara mereferensikan teman untuk daftar dan memasukan kode referral sebagai atasan Referral atau bisa langsung daftar memakai link referral yang telah disediakan.

    Bonus referral yang ditawarkan untuk masing-masing permainan :
    1. Sports Hingga 5%
    2. Live Casino & Slots Hingga 5%
    3. IDNPoker Hingga 0.2%
    4. IDNLive Hingga 5%

    Tips untuk meyebarkan Link Referral anda :
    1. Anda bisa menyebarkan Link Referral anda ke FORUM dengan carta membuat sebuat Thread atau komentar di post orang lain.
    2. Bisa juga dengan men-tweet Link Referral Anda di TWITTER
    3. Melakukan posting komentar di FACEBOOK
    4. Memasang Link Referral Anda di BLOG
    5. Menyebarkan Link Referral ke semua kontak EMAIL

    SILAHKAN HUBUNGI KAMI LANSUNG :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    FACEBOOK :zeusbolame
    INSTAGRAM :@zeusbola.official
    TWITTER :@zeusbola

    #zeusbola #promobulanjuni #livecasino #pokeronline #domino #joker #cashback #deposit #withdraw #idnlive #newmember

    BalasHapus