Don't miss

Senin, 21 Juli 2014

Biografi Kim Jong Kook: The Commander SpartaKook


By on 12.02

Kim Jong-kook

Dari Wikipedia bahasa inggris, ensiklopedia bebas
*terjemahan ini lebih baik daripada terjemahan Wikipedia bahasa Indonesia tentang Kim Jong Kook, dimana artikel Wikipedia tersebut dibuat asal-asalan menggunakan Google Translate tanpa diedit terlebih dahulu sehingga bahasanya sulit dimengerti

Biografi Kim Jong Kook
Kim Jong Kook (lahir 25 April 1976; umur 38 tahun) adalah seorang penyanyi dan selebritis Korea Selatan. Dia awalnya adalah bagian dari duo boyband Korea "Turbo", dimana ia kemudian memutuskan untuk mengejar karier yang sukses sebagai artis solo. Selain menjadi penyanyi yang memenangkan 3 kali Penghargaan "Daesang Award", dia juga berpartisipasi aktif dalam banyak acara variety show seperti Crisis Escape No. 1, Running Man, X-man, dan Family Outing. Kim Jong Kook tidak hanya terkenal sebagai seorang penyanyi, namun dalam acara variety-reality show Running Man, ia juga dikenal sebagai entertainer handal, dimana ia mendapatkan julukan "The Tiger" dan "Sparta-Kook" sebagai kredit terhadap kemampuannya menyelesaikan misi berdasarkan kekuatan dan kecerdasannya. Ia sering digambarkan dengan lidah api yang menyala dari tubuhnya ketika sedang marah atau bersemangat, dan suara khas "SPARTAAAA..." setiap kali kemunculannya secara tiba-tiba dalam acara tersebut.

Riwayat Pendidikan

  • Sekolah Dasar (SD): Myeong Hak Elementary School
  • Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA): Shin Seong Middle and High School
  • Kuliah: Han Se University
  • Pasca-Sarjana: Dankook University (Master’s degree from the Pop Culture Performing Arts – School of Arts Department)

Biografi Kim Jong Kook

Berikut ini adalah biografi singkat dari Kim Jong Kook:

1995–2000: Debut dengan Turbo

Kim Jong-kook pertama kali memasuki industri musik Korea pada tahun 1995 sebagai anggota dari kelompok Turbo, yang menjadi sangat populer untuk musik mereka yang "catchy". Setelah kelompok ini bubar beberapa tahun kemudian, ia menjadi penyanyi solo pada tahun 2001, sebagian besar berkonsentrasi pada lagu-lagu "ballads". Meskipun nada suara dari Jong Kook sangat tinggi, yang membuat suaranya sering diejek (banyak bintang Pop Korea bercanda dengan menyebutnya sebagai "suara nyamuk"), dia memiliki banyak hit single dan juga sering menjadi bintang tamu di berbagai acara, terutama X-Man yang turut di hosting oleh Yoo Jae-Suk, partnernya kelak di acara reality show Running Man. Selain itu, tubuhnya yang berotot sering dianggap sebagai salah satu yang terbaik diantara bintang K-pop, karena latihan beban konstan yang rutin dilakukannya.

2001–05: Artis Solo : 3 Penghargaan Daesang

Kim Jong-kook sempat kembali bergabung dengan duo boyband Turbo setelah ia menghadapi kesulitan dalam meniti karier sebagai artis solo. Masalah seperti kurangnya lagu dari komposer, kurangnya dukungan dari agensi yang terkenal, dan juga perubahan selera pada penggemar musik Korea menyebabkan album pertamanya sebagai artis solo gagal total. Namun ia membuat comeback besar dengan album keduanya (Evolution). Salah satu lagu dalam album solo kedua yang disebut "Han Nam Ja" (One Man) adalah alasan untuk semua kesuksesannya. Lagu ini menjadi lagu khasnya dan meninggalkan kesan yang sangat mendalam di telinga para pendengarnya. Selain itu, rumor skandal antara dirinya dan Yoon Eun Hye meraih banyak perhatian. Rumor ini dimulai ketika keduanya menjadi anggota tetap variety show terkenal yang disebut X-Man. Rumor ini benar-benar membawa mereka dekat dan mereka mulai bertindak layaknya seperti pasangan dalam serial X-Man.

Pada tahun 2005; yang merupakan tahun kesepuluhnya dalam Korean Entertainment Industry, Kim Jong-kook menjadi salah satu artis Korea yang paling populer saat album ketiganya terjual lebih dari 300.000 copy, membuatnya menjadi salah satu album terlaris tahun itu di Korea. Dia menandai tahun itu dengan menyapu gelar "Daesang" (Artis Terbaik Tahun Ini) dari semua 3 stasiun TV besar Korea; SBS, KBS dan MBC. Dengan demikian, ia menjadi artis kedua yang pernah mencapai prestasi ini sejak Jo Yong Phil pada 1980-an. Single andalan dari albumnya, "Lovable", merajai banyak chart lagu di negeri ginseng itu. Juga termasuk lagu-lagu seperti "Pump It Up" dan "Audition Online". Selain itu, lagu-lagu lain seperti "Walking in One Spot" dan "Star, Wind, Sunshine and Love" juga menduduki beberapa puncak tangga lagu lainnya sekaligus.

Pada 21 Januari 2006, Kim Jong-kook, Jeon Hye-bin, dan Im Tae Kyung berpartisipasi dalam konser Thuy Nga Hotel Paris by Night 81 di California. Selama konser, Kim Jong-kook menyanyikan salah satu lagunya dari album ketiga yang berjudul "To Her Man".

KBS Shootdori

Kim Jong Kook didaulat sebagai pemimpin dari seri pertama dari acara "Shootdori". Shootdori adalah sebuah acara di mana anak-anak yang tertarik pada sepak bola diminta untuk mengikuti tes (melihat apakah mereka memiliki pengetahuan dasar dan bisa bermain sepakbola) dan dipilih oleh tim produksi untuk terlibat dalam tim. Kim Jong Kook berpikir bahwa acara ini tidak akan berhasil karena pertandingan pertama mereka dimana mereka kalah dengan skor 21 : 0. Tetapi tim Shootdori kemudian berlatih keras dan menjadi tim yang lebih baik sehingga mendapat banyak pujian dari pemirsa. Namun, Kim Jong Kook harus meninggalkan tim karena layanan wajib militer tiba-tiba. Dia menulis dan menyanyikan lagu untuk tim Shootdori dalam album keempatnya "Volume 4 - Kim Jong Kook's Fourth Letter", yang disebut 'Toward A Dream'. Pada hari sebelum ia meminta agar bisa menghabiskan waktunya dengan anak-anak Shootdori dan mengatakan kepada mereka bahwa ia tidak akan lagi dapat melihat mereka untuk sementara waktu. Dia sangat terpukul karena ia ingin mengakhiri musim dengan anak-anak tetapi harus meninggalkan anak-anak dan acara Shootdori. Kim Jong Kook bahkan meneteskan air mata pada acara perpisahan melalui wawancara. Setelah ia kembali dari dinas militer ia pergi di acara 'Immortal KBS2TV Musik Klasik' dan tim produksi berkumpul semua pada Season 1 dimana anggota Shootdori bereuni dengan Kim Jong Kook. Saat ia melihat anak-anak, ia kembali meneteskan air mata, dan mereka kemudian menyanyikan lagu favorit mereka 'Lovable' oleh Kim Jong Kook bersama-sama.

2006–08: Wajib Militer

Pada bulan Maret 2006, Kim Jong-Kook menerima surat pendaftaran layanan wajib militernya justru ketika sedang berada di puncak popularitas dan karir. Kim Jong-Kook juga baru saja merilis album keempatnya pada waktu itu. Karena ia tidak dapat langsung mempromosikannya sementara berada di kamp militer, ia menggunakan metode yang tidak lazim. Untuk mematuhi hukum Korea, video musik dimanipulasi sehingga wajahnya tidak akan pernah terlihat di layar. Dia meminta Yoon Eun-hye, seseorang yang dikenal memiliki love-line dengan, untuk membintangi video musiknya tersebut. Meskipun belum ada promosi secara langsung, album keempatnya berhasil terjual lebih dari 100.000 copy.

Pada akhir April 2008 disebutkan bahwa penyanyi tersebut akan mengakhiri dinas militer pada tanggal 23 Mei 2008. Pada hari itu, ia disambut oleh para fans yang sudah menunggunya, dan selama wawancara, ia mengatakan bahwa ia merasa "lega". Album studio kelimanya dirilis pada tanggal 22 Oktober 2008 sebagai "Here I Am" dengan menampilkan lagu "Today More Than Yesterday" dan "Thank You." sebagai single andalan. Hal ini membuktikan "tradisi" yang salah dimana kebanyakan para penyanyi Korea tidak mampu bangkit lagi setelah menjalani dinas wajib militer mereka, Kim Jong-kook membuat comeback yang sukses, membuat satu album, satu single digital [Happy Virus] dan "One Trot" [Ddajo].

2009–11: Variety shows

Kim Jong-kook juga kembali eksis ke televisi, menjadi anggota tetap variety show "Family Outing", bagian dari SBS Good Sunday lineup dan kembali mendapatkan popularitas sebagai entertainer, terutama dengan skandal cintanya antara Lee Hyori dan Park Ye-jin. "Kim Jong-Kook's Hoolala CF" dengan Kim Sooro dirilis pada Juli 2009. Ia juga berpose untuk berbagai iklan produk pakaian. Album keenamnya dirilis pada tanggal 27 Januari, dan preview dari album ini dirilis dengan lagu "Don't Be Good to Me." Namun judul lagu andalan untuk album ini berjudul "This is The Person". Video musik untuk lagu dibintangi oleh Park Ye-jin yang terkenal dengan skandal "Family Outing" bersama Kim Jong-kook, Lee Hyori dan Park Ye-jin. Album keenam tersebut diberi judul "The Eleventh Story" karena di dalam karir musiknya, dia sejauh ini telah merilis total 11 album. Ini termasuk 3 Music Video (MV). Saat ini, ia terkenal sebagai member pada acara unggulan SBS: Running Man.

Pada 27 Agustus 2010 Kim Jong-kook menerima microdiscectomy lumbar kembali operasi disk yang di rumah sakit Seoul Kwan AHK Goo Chung Ryong Dong Kangnam Choice. Manajemen perusahaan Kim Jong-kook itu, 101 Entertainment, menyatakan, "Kim Jong-kook dijalankan dengan kegiatan sehari-hari tanpa mengetahui bahwa ia memiliki disk pecah. Dia merasakan sakit, tetapi tidak berpikir banyak, dan ia mengalami kondisinya dengan obat penghilang rasa sakit saat syuting SBS Running Man. "

Partisipasi aktif Kim Jong-kook di SBS Running Man membuat dia salah satu nama terbesar di Korea Variety Shows Dunia. Dia telah disebut "SpartaKook" dan "Mr.Capable", seluruh SBS Running Man dan dia telah menerima evaluasi menguntungkan memimpin misi dengan tubuh berotot dan kecerdasan luar biasa. Ini terbukti saat ia memenangkan SBS 연예 대상 (SBS Entertainment Awards) Best Star Award pada 2011 TV.

About Indorunner

Kami adalah sekumpulan penggemar berat comedy variety-reality show Running Man yang diproduksi oleh stasiun televisi SBS-Korea Selatan yang membuat FanBlog ini untuk mempermudah kita saling berbagi informasi.

0 komentar:

Posting Komentar