Don't miss

Senin, 09 November 2015

Running Man Adalah Bagian Hallyu Wave, Sebagai Acara Korea Terbesar Kelima


By on 15.50

Running Man

Ketika kita bicara soal acara televisi Korea, dimana yang paling populer menunjukkan bahwa tampaknya berita ini tidak hanya menarik untuk orang Korea tapi juga para fans dalam komunitas internasional K-drama. Alasan mengapa K-drama berhasil mengumpulkan basis masa di luar negeri selain dari fans asli Korea mungkin karena mereka melakukan dengan akting dengan sangat baik, jalan cerita yang fenomenal, serta editing yang sangat profesional.

Juga selain itu, K-drama tampaknya mengikuti formula dimana semuanya ditulis untuk diceritakan hanya untuk satu musim. Sehingga akibatnya penonton merasa senang dengan fakta bahwa mereka dapat menginvestasikan waktu mereka dalam satu musim K-drama tanpa harus khawatir tentang cliffhangers (sebagian besar waktu) terbuang sia-sia.

apa_itu_hallyu_wave
Apa itu Hallyu Wave?

Faktanya, bahwa empat pertunjukan Korea yang menjadi pengaruh terbesar pada "Hallyu Wave" (pergerakan popularitas budaya Korea dan hiburan di luar Korea) adalah berasal dari genre K-drama, sebagaimana yang diumumkan oleh Badan Seni dan Kebudayaan Korea.

Apa itu Hallyu Wave?

Gelombang Korea (dalam aksara Hangul: 한류; hanja: 韓流; RR: Hallyu; MR: Hallyu) — atau "Hánliú" (韓流), yang secara harfiah berarti "aliran dari Korea", adalah sebuah aliran neologism yang merujuk kepada perkembangan pesat dari popularitas budaya Korea Selatan sejak akhir tahun 1990-an.

Hingga hari ini, banyak dari fenomena tersebut yang terjadi karena derasnya arus globalisasi, dimana banyak budaya yang menyebar dan diketahui oleh banyak orang melalui perkembangan teknologi informasi seperti televisi, media hiburan, perangkat, internet, dan gadget. Salah satu dari budaya tersebut adalah budaya Korea Selatan atau yang juga dikenal sebagai "Demam Korea" (Korean Fever).

Psy_performing_Gangnam_Style_at_the_Future_Music_Festival_2013
Rapper Korea PSY adalah bagian dari Hallyu Wave yang paling dikenal di seluruh dunia dengan rekor jumlah penonton di situs Youtube untuk video klip Gangnam Style miliknya.

Demam Korea ini juga dikenal sebagai Hallyu Wave yang dengan cepat menyebar ke seluruh Asia, dan sejumlah bagian dari negara-negara Eropa, Amerika Latin, dan Amerika Serikat. Dengan musik yang catchy, gerakan tarian yang unik, serta wajah serta tampilan fisik (body) yang aduhai, tidak mengherankan fans mereka tumbuh berkembang dengan pesat dari segala kalangan usia di berbagai negara.

RM adalah Acara Korea Terbesar Kelima Dari Segi Popularitas

Namun ada satu pengecualian yaitu acara terbesar kelima, acara K-variety show yang dikenal sebagai acara "Running Man". Pertama kali ditayangkan pada tanggal 11 Juli 2010, Seoul Broadcasting System (SBS) menunjukkan fitur dan tamu utama yang turut berpartisipasi dalam berbagai misi untuk memenangkan perlombaan.

Running-Man-Indonesia
Running Man juga sangat terkenal di Indonesia dan memiliki basis penggemar tersendiri

Akhir-akhir ini, bagaimanapun, Running Man telah berevolusi menjadi lebih seperti reality show-variety dan fokus pada konsep game show. Namun, popularitas adalah sesuatu yang tidak dapat dipungkiri, sehingga jelas terlihat pada 271 episode (episode 270 yang sudah tayang dalam bahasa Korea dan dan terjemahan ke dalam bahasa Inggris) yang ditayangkan sejak debut hingga episode terbaru yang ditayangkan pada tanggal 8 November 2015.

Adapun dari segi peringkat mereka sebagian besar selalu berada di double-digit, dengan pengecualian musim pertamanya yang masih belum terlalu terkenal seperti sekarang.

About Indorunner

Kami adalah sekumpulan penggemar berat comedy variety-reality show Running Man yang diproduksi oleh stasiun televisi SBS-Korea Selatan yang membuat FanBlog ini untuk mempermudah kita saling berbagi informasi.

0 komentar:

Posting Komentar